Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Main Article Content

Kevin Djuka Wiliamto
Noora Fithriana
Dewi Citra Larasati

Abstract

Pemerintah sebagai instansi penyelenggara pelayanan publik berkewajiban untuk memberikan pelayanan terbaiknya sehingga mampu memuaskan masyarakat. Berangkat dari kebutuhan itu, pemerintah mulai berbenah terhadap mutu pelayanan yang selama ini diberikan kepada pelanggannya. Untuk itu, dilakukannya penelitian ini agar dapat mengidentifikasi pelayanan prima dalam pemberian pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Dau dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktornya. Metode kualitatif digunakan di dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data sekunder dari beberapa dokumen milik Kecamatan Dau, serta data primer dari hasil dokumentasi, observasi dan wawancara dengan informan. Informan penelitian ini adalah Sekretaris Kecamatan, Kasi pelayanan, serta masyarakat. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa prinsip 3-A dalam pelayanan prima dalam pemberian pelayanan publik di Kecamatan Dau belum optimal. Ketika diidentifikasi dan dianalisis, ketiga prinsip tersebut mendukung pelayanan prima dalam pemberian pelayanan publik di Kecamatan Dau. Namun, terdapat kendala dalam pelaksanaan tiga prinsip tersebut.

Article Details

How to Cite
Wiliamto, K. D., Noora Fithriana, & Dewi Citra Larasati. (2022). Pelayanan Prima Dan Faktor-Faktornya Dalam Pemberian Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Dau Kabupaten Malang. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.32492/panoptikon.v2i1.9
Section
Article

References

Agustina, R., Sharon, G., Yustitianingtyas, L., & Widodo, H. (2021). Kebijakan Wajib Vaksinansi Covid-19 Ditinjau dari Asas Manfaat, Kepentingan Umum dan Hak Asasi Manusia. Indonesia Law Reform Journal, 1(3), 384-398.

Al Amin, M. R., & Wihardi, D. (2022). PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG DALAM IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA. PANTAREI, 6(01).

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Cahyawati, L. R. (2017). Implementasi Pelayanan Prima. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 67-74.

Fithriana, N., Irwanto, M., & Rusmiwari, S. (2020). Mewujudkan Pelayanan Prima Pajak Bumi dan Bangunan Badan Keuangan Daerah. REFORMASI, 10(2), 142-150.

Fitriyanto, D. (2008). Upaya Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai : Studi pada Kantor Kecamatan DAU Kabupaten Malang (Sarjana thesis, Universitas Brawijaya). Diakses dari http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113907.

Frimayasa, A. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 179-188.

Gunarko, Y. P., & Lubis, A. (2020). Strategi Customer Relations Singapore Airlines Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan Anggota Krisflyer. PANTAREI, 4(02).

Hadjam, M. N. R. (2001). Efektivitas pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi). Jurnal Psikologi, 28(2), 105-115.

Ichwani, T., Munira, M., Hilmiyah, N., & Putriana, L. (2021). Pelatihan Pelayanan Prima untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Al-Azhar DKI Jakarta. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 110-116.

Indah K., A.T., & Hikmah, D. F. (2021). IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA OLEH CUSTOMER SERVICE PADA PT INDAH KIAT PULP & PAPER Tbk. Jurnal Akrab Juara, 6(4), 40-55.

Kunta, H. A., & Hartono, R. S. (2021). STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DALAM MENCAPAI PELAYANAN PRIMA DI KABUPATEN BEKASI. Governance, 9(2), 1-21.

Morlian, A. (2015). Pelayanan Prima Pada Kantor Kecamatan Rawalumbu Pemerintah Kota Bekasi. JURNAL ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN PUBLIK, 5(2), 75-90.

Nahdila, N. (2021). KUALITAS LAYANAN PRIMA A3 CUSTOMER SERVICE DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG (KC) MANADO (Doctoral dissertation, IAIN Manado). Diakses dari http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/200.

Nassiruddin, M., & Fanida, E.H. (2018). Kualitas Pelayanan Prima (Excellent Service) di PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar Udara Juanda Surabaya. Publika, 6(2).

Nurkholis, A., Damayanti, D., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2021). Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 167-172.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Prasetyorini, R. (2003). Pelayanan Prima (Bahan Ajar), Jawa tengah: Guruvalah Inc.

Rahayu, S., Satlita, L. dan Dewi, U. (2016). PELATIHAN PENGEMBANGAN KAPASITAS (CAPACITY BUILDING) PELAYANAN PRIMA BAGI APARAT DESA (Prosiding Seminar Nasional “Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia”). Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/41078/1/Prosiding%20Seminar%20Nasional%20LPPM%20UNY%202016%20rev_9.pdf.

Rian, M. T., & Husfaudin, R. (2020). FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN PRIMA DIRUANG RAWAT INAP KELAS II DAN III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PETALA BUMI PROVINSI RIAU TAHUN 2016. Journal of STIKes Awal Bros Pekanbaru, 1(1), 1-7.

Rini, V. W., & Pujiastuti, A. (2017). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Koperasi Suka Maju Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 5(2), 22-28.

Rosdiana, R., & Syahfitri, I. (2019). Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik. Journal of Millennial Community, 1(1), 4-7.