Birokrasi Pelayanan Publik di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang

Authors

  • Vani Irwanto Universitas Darul ‘Ulum
  • Machwal Huda Universitas Darul ‘Ulum
  • Yunita Rizki Pujiyanti Universitas Darul ‘Ulum

Keywords:

pelayanan publik; birokrasi; pemerintahan desa; masyarakat

Abstract

Pelayanan publik merupakan salah satu komponen vital dalam organisasi, khususnya dalam pemerintahan. Pelayanan publik sejatinya harus berorientasi pada kepentingan publik.  Kualitas pelayanan publik seharusnya sudah menjadi perhatian utama agar masyarakat memberikan respon positif pada  pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintahan. Namun, banyak masyarakat yang memberikanrespon negatif dalam kegiatan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi factor kelemahan kualitas pelaksanaan birokrasi pelayanan publik serta menemukan upaya untuk memperbaiki layanan publik di Pemerintahan Desa Carangwulung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Carangwulung Wonosalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam yang terstruktur dan dokumentasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah faktor lemahnya birokrasi pelayanan publik pada aspek sumber daya manusia masih belum sesuai dengan kebutuhan Lembaga pelayanan publik, kedisiplinan dan tanggungjawab pegawai masih relatif rendah.  Pada aspek sistem dan prosedur menunjukkan bahwa adanya diskriminasi dan tidak konsisten dalam menjalankan pelayanan publik. Upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah desa dalam melaksanakan birokrasi yaitu meningkatkan sumber daya pegawai dengan cara seleksi kualifikasi pegawai, menghilangkan adat calo dan adat kekerabatan di dalam pelayanan publik.

References

Amrulloh, M. C., & Tukiman, T. (2023). Penerapan Good Corporate Governnace dalam Optimalisasi Tata Kelola Pelayanan Perum Damri Cabang Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(1), 1–10.

Hajar, S., Ali, K., dan Saputra, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa di Desa Pematang Johar. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 6(1), 136- 142.

Herlina, V. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Pemerintah Desa dalam Menyelenggarakan Pemerintahan Desa. Jurnal Development, 7(1), 49-59.

Ikhbaluddin, P. (2021). Pelayanan Publik Berbasis Online di Desa (Studi pada Empat Desa di Kecamatan Jatinangor). Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2), 16– 30.

Irianto, H., Kurniawan, A., & Mulyono, A. (n.d.). Optimalisasi Pelayanan untuk Mewujudkan Good Governance di Mal Pelayanan Publik Mini Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 32-39.

Kurniawan, R. C. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Fiat Justisia Journal of Law, 10(3), 569-585.

Kusmayadi, E., & Nurohman, T. (2011). Reformasi Birokrasi di Tingkat Desa. Aliansi, 3(2), 437-452.

Mulianingsih, S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi dalam Meningkatkan Tata Pemerintahan di Kota Cimahi. Jurnal Media Demokrasi, 3(1), 39-50.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Pananrangi, A., Stia, M., & Gazali Barru, A. L. (2019). Kinerja Pemerintah dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Siawung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Meraja Journal, 2(1), 69-82.

Susanto, J., & Anggraini, Z. (2019). The Quality of Public Service in Subdistrict Office Tabir Ulu Merangin Regency. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 105-122.

Tamara, G., & Widiyarta, A. (2023). Penerapan E-Government dalam Pelayanan Perizinan Online melalui “SIMPONIE” di DPMPTSP Kabupaten Serang. Jurnal Manajemen Dan IlmuAdministrasi Publik (JMIAP), 5(1), 23–

Yusriadi, & Misnawati. (2017a). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(2), 99-108.

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Irwanto, V., Machwal Huda, & Pujiyanti, Y. R. (2024). Birokrasi Pelayanan Publik di Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. AGRAPANA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 35–44. Retrieved from https://e-journal.fisipol-undar.ac.id/index.php/agrapana/article/view/59

Issue

Section

Articles