Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Era Digital di Indonesia

Authors

  • Mohammad Ali Murtadho Universitas Darul 'Ulum

Keywords:

teknologi informasi; reformasi birokrasi; e-government; digital leadership; transparansi

Abstract

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi (TI) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pemerintahan. Penelitian ini membahas peran TI dalam mendukung reformasi birokrasi di Indonesia, dengan fokus pada peningkatan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik. Implementasi e-government, digital leadership, serta penggunaan big data dan data analytics telah menjadi beberapa contoh konkret bagaimana TI dapat digunakan untuk memperbaiki sistem birokrasi. Namun, tantangan seperti infrastruktur yang belum merata, keterbatasan kemampuan aparatur, dan ancaman keamanan data harus diatasi untuk mencapai reformasi yang efektif. Melalui analisis berbagai studi kasus dan data sekunder, penelitian ini menunjukkan bahwa TI memiliki peran strategis dalam mendukung perubahan birokrasi menuju sistem yang lebih responsif, efisien, dan inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi untuk implementasi kebijakan yang lebih baik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk reformasi birokrasi di Indonesia.

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49

Anggita, S., & Sembiring, T. Br. (2024). Reformasi Sistem Peradilan Pidana Tantangan Dan Prospek di Era Digital.

Journal of International Multidisciplinary Research.

Badruddin, M. S. Prof. Dr. S., Prof. Dr. Paisal Halim, M. H., Dr. Mary Ismowati, M. S., & Suci Ayu Kurniah P., S. S. M. H.

(2024). Transformasi Digital Dalam Pelayanan Publik. Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id =yBr9EAAAQBAJ

Bappenas. (2004). PERENCANAAN PENGEMBANGAN KAWASAN UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH. Direktorat Pengembangan Kawasan Khusus dan Tertinggal BAPPENAS.

Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(1), 47. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3 780

Hartatik, H., Kwintiana, B., Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Sudipa, I. G. I., Handika, I. P. S., Adhicandra, I., Gugat, R. M. D., & others. (2023). DATA SCIENCE FOR BUSINESS : Pengantar & Penerapan Berbagai Sektor. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id =M6G9EAAAQBAJ

Herzegovina, S. M. H., Edwinarta, C. D., & Fauzia, M. E. (2022). IMPLIKASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DALAM REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN KEIMIGRASIAN PADA KANTOR IMIGRASI TANJUNG PERAK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 6(2), 277. https://doi.org/10.30737/mediasosia

n.v6i2.3181

Hidayah, K., Kusumaningrum, M., Wismono, F. H., & Amarullah, R. (2018). Aktualisasi Budaya Inovasi Pada

Organisasi Sektor Publik. Jurnal Borneo Administrator, 14(3), 249–266.

https://doi.org/10.24258/jba.v14i3.402

Hildawati, Dila Erlianti, S.Sos., M.Si, Dedy Afrizal, S.Sos., M.Si., Ph.D, Agus Hendrayady, S.Sos., M.Si, Anny Riwayati, S.E., M.Si, Widyawati, S.A.P., M.A.P, Dr. Ade Iskandar, SIP., M.Si, Loso Judijanto, S.Si., M.M., M.Stat, Mutmainnah, S.IP., MPA, E. Maznah Hijeriah, S.Sos., M.Si, Mohamad Fajri Mekka Putra, S.H., M.Kn, & Amane, A. P. O., S. Sos. ,. (2024). SISTEM ADMINISTRASI NEGARA (Teori dan Praktik).

Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24- 37.2019

Mariyam, S. H. M. H. Y. S. (2024). EGOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=JhzxEAAAQBAJ

MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA. (2022). PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2022.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). PERANAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK. 11.

Mustanir, S. I. P. M. S. A. (2022). PELAYANAN PUBLIK. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id

=FpCFEAAAQBAJ

Naibaho, R. S. (2017). PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN. PPID. (2023, Mei 19). PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. PPID | Kabupaten Garut. https://ppid.garutkab.go.id/informasi_publik/pelayanan-publik-berbasisteknologi-informasi

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., Purnawati, N. W., Sepriano, S., Agusdi, Y., Efitra, E., & Juansa, A. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia

Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=GgHSEAAAQBAJ

Sari, S. H. M. S. M. O. S. M. C. E. M. C. F. C. E.A. R. (2024). Reformasi Pelayanan Publik. https://books.google.co.id/books?id =L7YJEQAAQBAJ

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era

Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. 6.

Tan, D. (2021). METODE PENELITIAN HUKUM: MENGUPAS DAN MENGULAS METODOLOGI DALAM MENYELENGGARAKAN PENELITIAN HUKUM.

Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Aluf, W. A., Fadhillah, M. R., Yolanda, S., & Anshori, M. I. (2023). Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia.

Wahyuningsih, D., & Purnomo, E. P. (2020). Studi Komparasi: Penerapan EGovernment di Korea Selatan dan Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 37. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.822

Wali, S. T. M. M. M., Efitra, S. K. M. K., I Gede Iwan Sudipa, S. K. M. C., Dr. Ani Heryani, S. S. M. S., Dr. Chandra Hendriyani, M. S. C., Rakhmadi Rahman, S. T. M. K., Putu Praba Santika, S. K. M. K., Stefani Lily Indarto, S. E. M. M. A. C. A. C. P. A., Dr. Tanwir, S. T. M. T., Muhammad Buchori Ibrahim, S. P. M. S., & others. (2023). Penerapan & Implementasi Big Data di Berbagai Sektor (Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0 dan Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=mmOqEAAAQBAJ

Wibowo, A. A., & Pratomo, S. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENDUKUNG REFORMASI BIROKRASI DI ERA MASYARAKAT INFORMASI. 3.

Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital.

Wirawan, V. (2020). Penerapan EGovernment dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jphk.1101

Wulandari, S. (2024). Penguatan Reformasi Birokrasi Di Indonesia Menuju Era

Society 5.0. Jurnal Public Relations (JPR), 4(2), 51–61. https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.3182

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Murtadho, M. A. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Era Digital di Indonesia. AGRAPANA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 12–23. Retrieved from https://e-journal.fisipol-undar.ac.id/index.php/agrapana/article/view/51

Issue

Section

Articles