Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Reformasi Birokrasi Era Digital di Indonesia
Keywords:
teknologi informasi; reformasi birokrasi; e-government; digital leadership; transparansiAbstract
Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi (TI) telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pemerintahan. Penelitian ini membahas peran TI dalam mendukung reformasi birokrasi di Indonesia, dengan fokus pada peningkatan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas layanan publik. Implementasi e-government, digital leadership, serta penggunaan big data dan data analytics telah menjadi beberapa contoh konkret bagaimana TI dapat digunakan untuk memperbaiki sistem birokrasi. Namun, tantangan seperti infrastruktur yang belum merata, keterbatasan kemampuan aparatur, dan ancaman keamanan data harus diatasi untuk mencapai reformasi yang efektif. Melalui analisis berbagai studi kasus dan data sekunder, penelitian ini menunjukkan bahwa TI memiliki peran strategis dalam mendukung perubahan birokrasi menuju sistem yang lebih responsif, efisien, dan inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi untuk implementasi kebijakan yang lebih baik dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk reformasi birokrasi di Indonesia.
References
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Anggita, S., & Sembiring, T. Br. (2024). Reformasi Sistem Peradilan Pidana Tantangan Dan Prospek di Era Digital.
Journal of International Multidisciplinary Research.
Badruddin, M. S. Prof. Dr. S., Prof. Dr. Paisal Halim, M. H., Dr. Mary Ismowati, M. S., & Suci Ayu Kurniah P., S. S. M. H.
(2024). Transformasi Digital Dalam Pelayanan Publik. Zahir Publishing. https://books.google.co.id/books?id =yBr9EAAAQBAJ
Bappenas. (2004). PERENCANAAN PENGEMBANGAN KAWASAN UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN DAERAH. Direktorat Pengembangan Kawasan Khusus dan Tertinggal BAPPENAS.
Cahyarini, F. D. (2021). Implementasi Digital Leadership dalam Pengembangan Kompetensi Digital pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25(1), 47. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3 780
Hartatik, H., Kwintiana, B., Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Sudipa, I. G. I., Handika, I. P. S., Adhicandra, I., Gugat, R. M. D., & others. (2023). DATA SCIENCE FOR BUSINESS : Pengantar & Penerapan Berbagai Sektor. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id =M6G9EAAAQBAJ
Herzegovina, S. M. H., Edwinarta, C. D., & Fauzia, M. E. (2022). IMPLIKASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DALAM REFORMASI BIROKRASI PELAYANAN KEIMIGRASIAN PADA KANTOR IMIGRASI TANJUNG PERAK. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 6(2), 277. https://doi.org/10.30737/mediasosia
n.v6i2.3181
Hidayah, K., Kusumaningrum, M., Wismono, F. H., & Amarullah, R. (2018). Aktualisasi Budaya Inovasi Pada
Organisasi Sektor Publik. Jurnal Borneo Administrator, 14(3), 249–266.
https://doi.org/10.24258/jba.v14i3.402
Hildawati, Dila Erlianti, S.Sos., M.Si, Dedy Afrizal, S.Sos., M.Si., Ph.D, Agus Hendrayady, S.Sos., M.Si, Anny Riwayati, S.E., M.Si, Widyawati, S.A.P., M.A.P, Dr. Ade Iskandar, SIP., M.Si, Loso Judijanto, S.Si., M.M., M.Stat, Mutmainnah, S.IP., MPA, E. Maznah Hijeriah, S.Sos., M.Si, Mohamad Fajri Mekka Putra, S.H., M.Kn, & Amane, A. P. O., S. Sos. ,. (2024). SISTEM ADMINISTRASI NEGARA (Teori dan Praktik).
Jalma, H., Putera, R. E., & Kusdarini, K. (2019). E-Government dengan Pemanfaatan Web OpenSID dalam Pelayanan Publik di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(1), 24. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.24- 37.2019
Mariyam, S. H. M. H. Y. S. (2024). EGOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=JhzxEAAAQBAJ
MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA. (2022). PERATURAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2022.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). PERANAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK. 11.
Mustanir, S. I. P. M. S. A. (2022). PELAYANAN PUBLIK. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id
=FpCFEAAAQBAJ
Naibaho, R. S. (2017). PERANAN DAN PERENCANAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERUSAHAAN. PPID. (2023, Mei 19). PELAYANAN PUBLIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. PPID | Kabupaten Garut. https://ppid.garutkab.go.id/informasi_publik/pelayanan-publik-berbasisteknologi-informasi
Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., Purnawati, N. W., Sepriano, S., Agusdi, Y., Efitra, E., & Juansa, A. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia
Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=GgHSEAAAQBAJ
Sari, S. H. M. S. M. O. S. M. C. E. M. C. F. C. E.A. R. (2024). Reformasi Pelayanan Publik. https://books.google.co.id/books?id =L7YJEQAAQBAJ
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era
Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. 6.
Tan, D. (2021). METODE PENELITIAN HUKUM: MENGUPAS DAN MENGULAS METODOLOGI DALAM MENYELENGGARAKAN PENELITIAN HUKUM.
Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Aluf, W. A., Fadhillah, M. R., Yolanda, S., & Anshori, M. I. (2023). Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia.
Wahyuningsih, D., & Purnomo, E. P. (2020). Studi Komparasi: Penerapan EGovernment di Korea Selatan dan Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 37. https://doi.org/10.33506/jn.v5i2.822
Wali, S. T. M. M. M., Efitra, S. K. M. K., I Gede Iwan Sudipa, S. K. M. C., Dr. Ani Heryani, S. S. M. S., Dr. Chandra Hendriyani, M. S. C., Rakhmadi Rahman, S. T. M. K., Putu Praba Santika, S. K. M. K., Stefani Lily Indarto, S. E. M. M. A. C. A. C. P. A., Dr. Tanwir, S. T. M. T., Muhammad Buchori Ibrahim, S. P. M. S., & others. (2023). Penerapan & Implementasi Big Data di Berbagai Sektor (Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0 dan Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=mmOqEAAAQBAJ
Wibowo, A. A., & Pratomo, S. (2021). INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENDUKUNG REFORMASI BIROKRASI DI ERA MASYARAKAT INFORMASI. 3.
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik dengan Teknologi di Era Digital.
Wirawan, V. (2020). Penerapan EGovernment dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, 1(1). https://doi.org/10.18196/jphk.1101
Wulandari, S. (2024). Penguatan Reformasi Birokrasi Di Indonesia Menuju Era
Society 5.0. Jurnal Public Relations (JPR), 4(2), 51–61. https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.3182
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Ali Murtadho (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






