Implementasi E-Government dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis Online di Kabupaten Jombang
Keywords:
e-government; implementasi; Pemerintah Kabupaten JombangAbstract
Penerapan e-government oleh Pemerintah Kabupaten Jombang merupakan sebuah terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Di mana pemerintah setempat memanfaatkan teknologi dan informasi berupa pembuatan website. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi e-government dalam upaya peningkatan pelayanan publik berbasis online yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dari berbagai sumber yang relevan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan verifikasi atau kesimpulan. Studi ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang menerapkan e-government melalui sejumlah website mengenai pelayanan publik yang dapat diakses oleh masyarakat setempat, antara lain: LPSE, E-Litbang, Perizinan Online (OSS), Berkadang, Urus KTP, dan Siap ASN. Implementasi e-government oleh Pemerintah Kabupaten Jombang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh layanan publik, meskipun masih ditemukan kendala dalam pelaksanaannya.
References
Aplikasi E-Government Menuju Good Governance. (t.t.). Diambil 17 Februari 2024, dari https://sulselprov.go.id/welcome/post/aplikasi-e-government-menujugood-governance. E-Litbang | Bappeda Kabupaten Jombang. (t.t.). Diambil 18 Februari 2024, dari https://elitbang.jombangkab.go.id/kajian/detail?d=3&k=KAJ-2022-0000012.
Indrajit, R. E. (2022). Electronic Government. https://oer.perpusnas.go.id/handle/1 23456789/51. INPRES No. 3 Tahun 2003. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 17 Februari 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/14 7277/inpres-no-3-tahun-2003.
Mamduh, R. (2022). DPMPTSP Sosialisasikan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko OSS-RBA bagi UMKM - Radar Jombang. https://radarjombang.jawapos.com/nasional/661012025/dpmptspsosialisasikan-perizinan berusahaberbasis-risiko-ossrba-bagi-umkm.
Mamduh, R. (2021, Mei 28). DPMPTSP Bakal Uji Coba OSS RBA - Radar Jombang. DPMPTSP Bakal Uji Coba OSS RBA -
Radar Jombang. https://radarjombang.jawapos.com/politikpemerintahan/661001663/dpmptspbakal-uji-coba-oss-rba.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Eds. 3. USA: Sage Publications, Inc.
Musaddad, A. A., Faizin Ahzani, W. K., Susilowati, M., & Arif, L. (2020).Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206– 213. https://doi.org/10.46799/jst.v1i6.76.
PERBUP Kab. Jombang No. 15 Tahun 2019. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 17 Februari 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/12 1062/perbup-kab-jombang-no-15- tahun-2019.
PERPRES No. 16 Tahun 2018. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 18 Februari 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/73 586/perpres-no-16-tahun-2018.
PP No. 5 Tahun 2021. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 18 Februari 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/16 1835/pp-no-5-tahun-2021.
Rini, R. W. (2023). Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha secara Online Single Submission (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Jombang. Justicia Journal, 12(1), 131–150. https://doi.org/10.32492/jj.v12i1.121 10.
Saputri, S., & Meirinawati, M. (2022). Inovasi Pelayanan Ning Yaonah (Nikmatnya Ngantri dan Pelayanan Online Mudah) untuk Menciptakan Kepuasan Masyarakat oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang. Publika, 123– 134. https://doi.org/10.26740/publika.v10 n1.p123-134.
Setijaningrum, E. (2017). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di lndonesia. Airlangga University Press
(AUP). https://repository.unair.ac.id/97698/.
Shafira, A., & Kurniasiwi, A. (2021). Implementasi E-Government dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Berbasis Online di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Caraka Prabu, 5(1), 52– 68. https://doi.org/10.36859/jcp.v5i1.457
UU No. 25 Tahun 2009. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 16 Februari 2024, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/38 748/uu-no-25-tahun-2009.
Wargadinata, E. L. (2021). Hubungan dan Peran Pemangku Kepentingan Program Smart-Kampung Kabupaten
Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v11i1.
Wirawan, V. (2020a). Penerapan EGovernment dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.18196/jphk.1101.
Wirawan, V. (2020b). Penerapan EGovernment dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Kontemporer di Indonesia. Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.18196/jphk.1101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indriani Astutik (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.